BOJONEGORO- Sebanyak 80 pelajar SMA/SMK/MA
se-Kabupaten Bojonegoro dan Tuban turut serta dalam kegiatan Unigoro Leadership
Camp (ULC) 2025. Acara pelatihan kepemimpinan ini berlangsung pada 22 hingga 23
Februari 2025 di area kampus Universitas Bojonegoro (Unigoro), yang
diselenggarakan bekerja sama dengan Kodim 0813 Bojonegoro.
Kepala Biro
Kemahasiswaan dan Kerja Sama Unigoro, Erwanto, M.Si., dalam sambutannya
melaporkan bahwa ULC 2025 diikuti oleh 80 peserta yang berasal dari 20 lembaga
pendidikan SMA/SMK/MA se-Kabupaten Bojonegoro dan Tuban. Kegiatan ini bertujuan
untuk mengenalkan konsep kepemimpinan kepada para pelajar. "Sebanyak 11
personel dari Kodim 0813 Bojonegoro, yang dipimpin oleh Peltu Muhammad Ali
Imran, ditugaskan untuk membimbing para peserta. Selain memperoleh materi
tentang kepemimpinan, para pelajar juga diberikan pemahaman mengenai wawasan
kebangsaan, motivasi, kegiatan outbound, serta tour kampus untuk lebih mengenal
Unigoro," jelasnya.
Rektor
Universitas Bojonegoro, Dr. Tri Astuti Handayani, SH., MM., M.Hum., menegaskan
bahwa tema yang diusung dalam ULC 2025, yakni Building Strong Energy:
Memimpin dengan Kolaborasi, sangat relevan dengan tantangan yang dihadapi
oleh generasi muda di era globalisasi saat ini. Di masa seperti ini, kolaborasi
dan sinergi antar individu sangat penting untuk mencapai tujuan bersama.
"Kepemimpinan yang efektif tidak hanya diukur dari kemampuan individu,
melainkan juga dari kemampuan untuk mendengarkan, menghargai, dan menginspirasi
orang lain. Marilah kita kembangkan sikap kolaboratif dan saling mendukung,
karena dengan kebersamaan, kita akan mampu mencapai hasil yang lebih
optimal," tuturnya.
Selama dua
hari pelaksanaan, ULC 2025 berlangsung dengan antusiasme yang tinggi dan penuh
tantangan. Setiap peserta dibagi dalam kelompok-kelompok yang kemudian
dihadapkan pada serangkaian tantangan yang diberikan oleh instruktur atau
pelatih. ULC 2025 juga menghadirkan Alif Robath, seorang motivator nasional
yang memberikan inspirasi kepada peserta untuk terus mengembangkan diri dan
memperkuat keterampilan kepemimpinan mereka. (din/ily)